Musim Kemarau, Awas DBD! Featured

Ditulis Oleh | Rabu, 09 Oktober 2019 00:30 | Dibaca : 51 Kali | Terakhir Diperbaharui : Rabu, 09 Oktober 2019 00:53
Nyamuk Aedes aegypti, media penularan virus dengue penyebab DBD Nyamuk Aedes aegypti, media penularan virus dengue penyebab DBD dok. tribunnews.dok

Demam Berdarah Dengue (DBD) biasanya terjadi pada musim hujan, namun  tahukah anda bahwa DBD juga terjadi di musim kemarau?


Demam Berdarah Dengue (DBD) biasanya terjadi pada musim hujan, namun  tahukah anda bahwa DBD juga terjadi di musim kemarau?

Ya, DBD bisa terjadi kapan saja, apabila terdapat genangan air misalnya di barang bekas, bak mandi yang jarang dikuras, bak penampungan air yang terbuka, di sungai-sungai atau selokan yang mampet. Genangan air merupakan tempat perkembangbiakan dan pertumbuhan larva nyamuk Aedes aegypti. Gigitan nyamuk ini merupakan media penularan virus dengue yang menjadi penyebab DBD.

Namun jangan kuatir, DBD dapat kita cegah. Untuk itu kita perlu melakukan Pemberantas Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M Plus. 3M Plus yaitu Menguras atau membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air, seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain; Menutup rapat tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; Mendaur/ menggunakan kembali barang yang sudah tak terpakai. Plus cara lainnya yaitu menaburkan bubuk larvasida (lebih dikenal dengan bubuk abate) pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk, menggunakan kelambu saat tidur, memelihara ikan pemakan jentik nyamuk, menanam tanaman pengusir nyamuk, mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah, serta menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk.

Informasi lengkap tentang DBD, gejalanya dan cara mengatasinya silahkan klik link artikel http://www.puskobb.dinkes-kotakupang.web.id/artikel/info-kesehatan/item/86-cegah-demam-berdarah-ingat-3-m-plus.html. Serta informasi cara penggunaan Abate dapat diklik di link berikut http://www.puskobb.dinkes-kotakupang.web.id/artikel/info-kesehatan/item/92-bubuk-abate-pembunuh-jentik-nyamuk-aedes-aegypti-penyebab-dbd.html

Salam Sehat.

Reni Tangmau

Staf Administrasi pada UPT Puskesmas Oebobo

puskesmasoebobo@yahoo.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

1 comment

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.