Covid-19, Kenali, Cegah dan Lawan dengan Antibody Featured

Ditulis Oleh | Senin, 13 Juli 2020 01:48 | Dibaca : 259 Kali | Terakhir Diperbaharui : Sabtu, 29 Agustus 2020 12:24
Covid-19 Covid-19 www.google.com

Apa itu COVID-19?

Coronavirus Desease 19 (Covid-19) adalah penyakit yang disebabkan oleh Novel Coronavirus (2019-nCov) atau yang kini dinamakan SARS-Cov-2. Virus ini merupakana  virus jenis baru yang belum pernah diidentifikasi sebelumnya pada manusia.

 

Bagaimana gejala covid-19?

Tanda dan gejala umum infeksi COVID-19 adalah gejala gangguan pernapasan akut seperti demam, batuk sesak napas hingga pada kasus yang berat menyebabkan pneumoni, sindrom pernapasan akut, gagal ginjal dan bahkan kematian. Masa hidup virus 2-14 hari.

 

Bagaimana penularan covid-19?

Melalui droplet/butiran ludah, kontak langsung ataupun udara (jika dilakukan tindakan medis tertentu seperti bersihkan karang gigi dan uap untuk keluarkan lender (nebulizer).

 

Bagaimana cara virus masuk ke dalam tubuh orang sehat?

Virus corona masuk melalui mulut, hidung dan mata sehingga kita harus menutup area tersebut ,menggunakan masker, kacamata atau penutup wajah.

 

Siapa saja yang berisiko terhadap covid-19?

Siapa saja bias tertular dan menularkan virus corona baik laki-laki atau perempuan, orang dewasa, anak-anak hingga lanxia. Namun, ada kelompok yang lebih rentan (resiko tinggi) terkena virus corona yaitu: penderita diabetes, kanker, HIV, wanita hamil dan gangguna pernapasan lainnya (contohnya: asma).

 

Bagaimana cara mencegah covid-19?

  • Cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sesering mungkin.

  • Tinggal di rumah.
  • Jaga jarak (1,5 meter) dan hindari kerumunan.

  • Tidak berjabat tangan
  • Pakai masker jika sakit dan berada di tempat umum
  • Tidak menyentuh wajah sebelum menyentuh wajah
  • Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat melalui makanan bergizi seimbang, olah raga teratur dan istirahat yang cukup.

 

Untuk mudahnya, lawan covid-19 dengan ANTIBODY :

 

Jika ada yang merasakan gejala umum Covid-19 seperti demam, batuk, sesak napas, segera ke puskesmas untuk memeriksanakan diri.

 

Jika ada masyarakat yang merasa pernah kontak dengan pasien positif maka harus segera melapor ke pihak petugas kesehatan, wajib isolasi mandiri di rumah jika tidak ada gejala dan ikuti petunjuka dari petugas kesehatan untuk tindakan pemeriksaan rapid ataupun swab.

 

Jika ada keluarga, tetangga atau kenalan di lingkungan kita yang terkena covid-19 makan jangan panik, jangan stress, jangan dikucilkan/didiskriminasi, tetap memberi dukungan dan semangat.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Mari bersama-sama cegah dan lawan Corona Virus…Masyarakat sehat, Kota Kupang sehat.

 

Tim Promkes UPTD Puskesmas Oebobo : Afiani S. Kinle’e, SKM & Fransisco Darjan, SKM


Reni Tangmau

Staf Administrasi pada UPT Puskesmas Oebobo

puskesmasoebobo@yahoo.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.