Makanan Sehat Ibu Menyusui Featured

Ditulis Oleh | Kamis, 02 Mei 2019 01:54 | Dibaca : 110 Kali | Terakhir Diperbaharui : Kamis, 02 Mei 2019 02:17
Makanan Sehat Ibu Menyusui Makanan Sehat Ibu Menyusui www.google.com

Agar tetap sehat dan produksi ASI memenuhi kebutuhan bayi, ibu perlu makan lebih dari biasanya dan sesuai pola menu seimbang

Menyusui merupakan cara alamiah untuk memberikan makanan dan minuman pada awal kehidupan bayi.

Pada masa menyusui kebutuha gizi ibu perlu diperhatikan karena ibu tidak hanya harus mencukupi kebutuhan dirinya melainkan harus mencukupi kebutuhan dirinya melainkan harus memproduksi ASI bagi bayinya.

Makanan yang dianjurkan :

  • Energi : pada enam bulan pertama ditambah 500 kkal/hari dari kebutuhan sebelum hamil.
  • Protein 10 – 15% dari total energy atau sesuai kecukupan protein ibu sebelu hamil daitambah 17 gram per hari selama menyusui.
  • Lemak 20-25% dari total energi sehari.
  • Karbohidrat 50 – 60% per hari dari total energy.
  • Vitamin dan mineral sesuai AKG.

 

Untuk memenuhi kebutuhan vitamain A selama masa nifas, ibu menyusui dianjurkan mengkonsumsi 2 kapsul vitamin A dosis tinggi.

 

MAKANAN DAN BAHAN MAKANAN YANG DIANJURKAN :

  • Sumber karbohidrat : beras, kentang, bihun, mie, roti, macaroni, krackers, dll
  • Sumber protein : ayam, ikan, daging, telur, hati, keju, susu, kacang-kacangan, tahu, tempe
  • Sumber vitamin dan mineral : sayur dan buah yang berharga segar.

 

PENGATURAN MAKANAN SEHARI UNTUK IBU MENYUSUI

BAHAN MAKANAN                                                        

  • Nasi/Penukar (4 ¾ gelas)
  • Daging/Penukar (2 ½ potong)
  • Tempe/Penukar (6 potong)
  • Sayur (3 gelas)
  • Buah ( 3 potong)
  • Minyak/Penukar (2 ½ sdm)
  • Kacang hijau (2 ½ sdm)
  • Tepung saridele (4 sdm)
  • Susu (2 ½ sdm)
  • Gula (2 sdm)

 

Nilai Gizi

     Energi   : 2435 kalori

     Protein  : 65 g

     Lemak   : 65 g

     K. H.     : 287 g

     Vit C     : 70 g

     Zat Besi : 31 g

 

Hal – hal yang perlu diperhatikan :

  • Menjaga kesehatan bu dengan makan cukup mengikuti pola gizi seimbang
  • Minum lebih dari 8 gelas sehari (tambahkan 3-4 gelas per hari dari biasanya)

 

Untuk memvariasikan makanan, gunakan brosur bahan makanan penukar.

Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi Puskesmas terdekat atau sarana pelayanan kesehatan lainnya yang terdekat.


Reni Tangmau

Staf Administrasi pada UPT Puskesmas Oebobo

puskesmasoebobo@yahoo.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.