UPT Puskesmas Oebobo Lakukan Penjaringan Peserta Didik Tahun Ajaran 2019/2020 Featured

Ditulis Oleh | Selasa, 03 September 2019 03:11 | Dibaca : 189 Kali | Terakhir Diperbaharui : Jumat, 27 September 2019 02:06
Penjaringan Peserta Didik di SMP Santi Karya oleh Petugas Kesehatan UPT Puskesmas Oebobo. Dari kiri ke kanan (Penanggung jawab Program Kesehatan Reproduksi, Laila Tjendrawasih, Amd. Keb; Penanggung jawab Program Kusta, Minche Ludji, Amd. Kep; Penanggung jawab Program Kesehatan Jiwa, Andarias Balalembang, S.Kep, Ns; Perawat Gigi, Dantje Damaledo, A.Md.Kg; Penyuluh, Afiani Kinle'e, SKM dan Penanggung Jawab Program UKS/UKGS Sri Herlin Ernawati, S.Kep.Ns Penjaringan Peserta Didik di SMP Santi Karya oleh Petugas Kesehatan UPT Puskesmas Oebobo. Dari kiri ke kanan (Penanggung jawab Program Kesehatan Reproduksi, Laila Tjendrawasih, Amd. Keb; Penanggung jawab Program Kusta, Minche Ludji, Amd. Kep; Penanggung jawab Program Kesehatan Jiwa, Andarias Balalembang, S.Kep, Ns; Perawat Gigi, Dantje Damaledo, A.Md.Kg; Penyuluh, Afiani Kinle'e, SKM dan Penanggung Jawab Program UKS/UKGS Sri Herlin Ernawati, S.Kep.Ns dok. puskesmas oebobo

Penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk kegiatan dari program UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) UPT Puskesmas Oebobo. Pelayanan kesehatan ini bertujuan untuk mendeteksi kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan peserta didik.

Penjaringan kesehatan dilakukan pada peserta didik kelas 1 SD, kelas 7 SMP/MTs dan Kelas 10 SMA/SMK/MA  yang meliputi pemeriksaan kesehatan yang terdiri dari penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan mata, telinga, rambut, kuku, pemeriksaan gigi dan keadaan umum, penyuluhan kesehatan, berupa Penyuluhan Kesehatan Jiwa dan Stunting, sosialisasi pencegahan Anemia pada Rematri (remaja Putri), dan  rujukan apabila diperlukan.

Penyuluhan Kesehatan Jiwa oleh Perawat Andarias Balalembang, S. Kep, Ns di SMPN 2 Kupang

Penjaringan kesehatan di wilayah kerja UPT Puskesmas Oebobo dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus s/d 31 Agustus 2019 pada siswa SMP/MTS, dan tanggal 26 Agustus s/d 6 September 2019 pada siswa SMA/SMK. Adapun jumlah sekolah yang dilakukan penjaringan meliputi 5 SMP dan 1 MTS yaitu SMP Sinar Pancasila, SMP Shanti Karya, SMPN 2 Kupang, SMPN 1 Kupang, SMP Dian Harapan dan MTS Plus Nurul Iman. Serta 6 SMA yaitu SMA Karya Pancasila, SMA Negeri 1 Kupang, SMK Negeri 1 Kupang, SMK Kihajar Dewantara, SMA Dian Harapan dan SMK Karya Kupang.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan fisik dan penunjang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Oebobo yang terdiri dari  Perawat, Perawat Gigi, Nutrisionis, Penanggung jawab Program Kusta, Penanggung jawab Program Kesehatan Jiwa, Penanggung jawab Program Kesehatan Reproduksi , Penyuluh Kesehatan Masyarakat serta Bagian Kesga (Kesehatan Keluarga), Kasie Anak dan Remaja Dinas Kesehatan Kota Kupang. Selain itu kegiatan penjaringan juga mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah dan guru UKS masing-masing sekolah.


Reni Tangmau

Staf Administrasi pada UPT Puskesmas Oebobo

puskesmasoebobo@yahoo.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Beri Komentar

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.