Puskesmas Oebobo Kupang

Warta Puskesmas

UPT Puskesmas Oebobo Lakukan Penjaringan Peserta Didik Tahun Ajaran 2019/2020 Featured

Ditulis Oleh | Selasa, 03 September 2019 03:11
Beri Rating
(1 Vote)
Penjaringan Peserta Didik di SMP Santi Karya oleh Petugas Kesehatan UPT Puskesmas Oebobo. Dari kiri ke kanan (Penanggung jawab Program Kesehatan Reproduksi, Laila Tjendrawasih, Amd. Keb; Penanggung jawab Program Kusta, Minche Ludji, Amd. Kep; Penanggung jawab Program Kesehatan Jiwa, Andarias Balalembang, S.Kep, Ns; Perawat Gigi, Dantje Damaledo, A.Md.Kg; Penyuluh, Afiani Kinle'e, SKM dan Penanggung Jawab Program UKS/UKGS Sri Herlin Ernawati, S.Kep.Ns Penjaringan Peserta Didik di SMP Santi Karya oleh Petugas Kesehatan UPT Puskesmas Oebobo. Dari kiri ke kanan (Penanggung jawab Program Kesehatan Reproduksi, Laila Tjendrawasih, Amd. Keb; Penanggung jawab Program Kusta, Minche Ludji, Amd. Kep; Penanggung jawab Program Kesehatan Jiwa, Andarias Balalembang, S.Kep, Ns; Perawat Gigi, Dantje Damaledo, A.Md.Kg; Penyuluh, Afiani Kinle'e, SKM dan Penanggung Jawab Program UKS/UKGS Sri Herlin Ernawati, S.Kep.Ns dok. puskesmas oebobo

Penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk kegiatan dari program UKS (Usaha Kesehatan Sekolah) UPT Puskesmas Oebobo. Pelayanan kesehatan ini bertujuan untuk mendeteksi kesehatan dan meningkatkan derajat kesehatan peserta didik.

Penjaringan kesehatan dilakukan pada peserta didik kelas 1 SD, kelas 7 SMP/MTs dan Kelas 10 SMA/SMK/MA  yang meliputi pemeriksaan kesehatan yang terdiri dari penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, pemeriksaan mata, telinga, rambut, kuku, pemeriksaan gigi dan keadaan umum, penyuluhan kesehatan, berupa Penyuluhan Kesehatan Jiwa dan Stunting, sosialisasi pencegahan Anemia pada Rematri (remaja Putri), dan  rujukan apabila diperlukan.

Penyuluhan Kesehatan Jiwa oleh Perawat Andarias Balalembang, S. Kep, Ns di SMPN 2 Kupang

Penjaringan kesehatan di wilayah kerja UPT Puskesmas Oebobo dilaksanakan mulai tanggal 26 Agustus s/d 31 Agustus 2019 pada siswa SMP/MTS, dan tanggal 26 Agustus s/d 6 September 2019 pada siswa SMA/SMK. Adapun jumlah sekolah yang dilakukan penjaringan meliputi 5 SMP dan 1 MTS yaitu SMP Sinar Pancasila, SMP Shanti Karya, SMPN 2 Kupang, SMPN 1 Kupang, SMP Dian Harapan dan MTS Plus Nurul Iman. Serta 6 SMA yaitu SMA Karya Pancasila, SMA Negeri 1 Kupang, SMK Negeri 1 Kupang, SMK Kihajar Dewantara, SMA Dian Harapan dan SMK Karya Kupang.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan fisik dan penunjang dilaksanakan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Oebobo yang terdiri dari  Perawat, Perawat Gigi, Nutrisionis, Penanggung jawab Program Kusta, Penanggung jawab Program Kesehatan Jiwa, Penanggung jawab Program Kesehatan Reproduksi , Penyuluh Kesehatan Masyarakat serta Bagian Kesga (Kesehatan Keluarga), Kasie Anak dan Remaja Dinas Kesehatan Kota Kupang. Selain itu kegiatan penjaringan juga mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah dan guru UKS masing-masing sekolah.

Dibaca 1183 Kali Terakhir Diperbaharui Jumat, 27 September 2019 02:06
Reni Tangmau

Staf Administrasi pada UPTD Puskesmas Oebobo

puskesmasoebobo@yahoo.com | Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

Artikel Lainnya

Puskesmas Oebobo Pelayanan Klinik Sanitasi 2018

Puskesmas Oebobo Pelayanan Klinik Sanitasi 2018

Klinik sanitasi merupakan suatu upaya atau kegiatan yang Read More
Puskesmas Oebobo, Cegah Kanker Serviks Sejak Dini Dengan Pemeriksaan IVA

Puskesmas Oebobo, Cegah Kanker Serviks Sejak Dini Dengan Pemeriksaan IVA

Pemeriksaan kanker Serviks dengan metode IVA digunakan untuk Read More
Sukseskan Imunisasi MR di Kota Kupang

Sukseskan Imunisasi MR di Kota Kupang

Dinas Kesehatan Kota Kupang menilai masyarakat Nusa Tenggara Read More
Jangan sepelekan diare

Jangan sepelekan diare

Mengenal Penyakit Diare Diare adalah sebuah penyakit di Read More
Air Putih, Solusi Mudah dan Murah Menjaga Kesehatan

Air Putih, Solusi Mudah dan Murah Menjaga Kesehatan

Semua makhluk hidup pasti membutuhkan air. Tanpa air, Read More
Puskesmas Oebobo Ramah Disabilitas

Puskesmas Oebobo Ramah Disabilitas

Puskesmas Oebobo menghadirkan pelayanan puskesmas yang ramah disabilitas Read More
Sukseskan Imunisasi MR di Kota Kupang

Sukseskan Imunisasi MR di Kota Kupang

Dinas Kesehatan Kota Kupang menilai masyarakat Nusa Tenggara Read More
Tak Kenal, Maka Tak Sayang,  Mengenal Imunisasi MR

Tak Kenal, Maka Tak Sayang, Mengenal Imunisasi MR

Moms, imunisasi anak itu wajib dilakukan untuk melindungi Read More
  • 1